Kumpulan PROTA PROSEM RPPM RPPH KB Usia 5-6 - Materi PAUD

Kumpulan PROTA PROSEM RPPM RPPH KB Usia 5-6 Tahun

kali ini kami akan membahas dan membagikan format file mengenai Kumpulan PROTA PROSEM RPPM RPPH KB Usia 5-6 Tahun namun seperti biasa sebelum ayah bunda mendapatkan bahannya alangkah baiknya ayah bunda simak sedikit penjelasan mengenai judul diatas.
Download Prosem, Prota, RPPH, RPPM, RKH Untuk TK/PAUD Kurikulum ... 2013 MODEL TABEL- Download;; Program Semester (Promes) PAUD Usia 5-6


1.
(PROTA)
Program Tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat tercapai oleh siswa Atau dengan kata lain,Prota merupakan program umum tematik terpadu untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Program Tahunan tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran muatan mata pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Download Prosem, Prota, RPPH, RPPM, RKH Untuk TK/PAUD Kurikulum ... 2013 MODEL TABEL- Download;; Program Semester (Promes) PAUD Usia 5-6


Setelah kita memahami arti dari Program Tahunan (Prota) ini, selanjutnya kita masuk kepada bahasan tentang hal-hal/ komponen apa saja yang wajib ada dalam hal penyusunan sebuah Prota ini.
Baiklah, dalam menyusun Program Tahunan (Prota), komponen minimal yang wajib dipenuhi adalah sebagai berikut;

  1. Identitas (mata pelajaran, kelas, tahun pelajaran)
  2. Format isian ( tema, sub tema, dan alokasi waktu)
  3. Langkah Menyusun Prota 
Pada item nomer 3 yakni Langkah Menyusun Prota, ada 4 hal yang harus dilalui/ dipenuhi yakni;
- Mengidentifikasi jumlah kompetensi dasar dan indikator dalam satu tahun
- Mengidentifikasi keluasan dan kedalaman kompetensi dasar dan indikator
- Melakukan pemetaan kompetensi dasar untuk setiap semester
- Menentukan alokasi waktu untuk masing-masing kompetensi dengan memperhatikan pekan efektif
Fungsi Program Tahunan (Prota) dalam kegiatan pendidikan/ pembelajaran:

  • Sebagai pedoman dalam menyusun Promes, program suatu pelajaran dan juga sebagai persiapan dalam mengajar agar lebih rapi dan terorganisir secara lebih matang. 
  • Sebagai pedoman dalam membuat Kaldik.
  • Sebagai acuan dalam rangka optimalisasi, efisiensi dan efektivitas penggunaan waktu belajar efektif yang ada.
2.
(PROSEM)
program semester adalah suatu perangkat pembelajaran semester untuk anak paud yang diturunkan dari program tahunan dan digunakan untuk menyusun rencana pembelajaran mingguan; Rencana program semester tk atau prosem berisi daftar tema satu semester dan alokasi waktu setiap tema. Penyusunan prosem dilakukan dengan langkah-Iangkah sebagai berikut:
Perencanaan program semester berisi daftar tema satu semester yang dikembangkan menjadi subtema atau sub-subtema, serta kompetensi yang ditetapkan untuk dicapai pada setiap tema, dan alokasi waktu setiap tema.
Langkah-Langkah Penyusunan Program Semester
Penyusunan program semester dilakukan dengan langkah berikut.
1. Membuat daftar tema satu semester.
Pemilihan dan penentuan tema dilakukan guru sebelum awal semester kegiatan pembelajaran dimulai dengan memperhatikan prinsip pengembangan tema.
2. Mengembangkan tema menjadi subtema dan atau sub-subtema.
Subtema dan sub-subtema yang dikembangkan merupakan topik-topik yang lebih khusus dan lebih dalam. Kekhususan dan kedalaman subtema dan sub-subtema memperhatikan usia anak, kesiapan guru, dan ketersediaan sumber belajar pendukung. Pengembangan tema dapat dipelajari pada Pedoman Pengembangan Tema.
3. Menentukan alokasi waktu untuk setiap tema, subtema dan atau sub-subtema.
Waktu pembahasan setiap tema/subtema/subsubtema disesuaikan dengan minat anak, keluasan, kedalaman,dan sumber/media yang tersedia.
4. Menetapkan Kompetensi Dasar (KD) di setiap tema.
Penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral(NAM), fisik-motorik, kognitif, sosial-emosional (sosem),bahasa,dan seni.
5. KD dapat ditulis lengkap atau dapat dituliskan kodenya saja.
6. KD dapat diulang-ulang di tiap tema/subtema/sub-subtema yang berbeda.
7. Tema/subtema/sub-subtema yang sudah ditentukan di awal dapat berubah bila ada kondisi tertentu dengan melibatkan anak tanpa harus mengubah KD yang sudah ditetapkan.Dalam menentukan KD pada setiap tema mencakup enam program pengembangan (nilai agama dan moral, motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan seni).
Dalam menyusun perencanaan program semester,lembaga diberikan keleluasaan dalam menentukan format.Untuk menentukan materi pembelajaran yang akan digunakan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Satuan PAUD harus menyusun cakupan materi pembelajaran setiap KD yang akan disampaikan kepada anak selama setahun melalui kegiatan bermain.
Cara menyusun dan mengembangkan materi pembelajaran dapat dilihat di Pedoman Penyusunan KTSP.
3.(RPPM) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan  merupakan rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. Perencanaan kegiatan mingguan dapat berbentuk jaringan tema. Jaringan tema berisi projek- projek yang akan dikembangkan menjadi kegiatan-kegiatan pembelajaran.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. RPPM dijabarkan dari Program Semester. RPPM berisi:
identitas program layanan,

  1. KD yang dipilih,
  2. materi pembelajaran,dan
  3. rencana kegiatan.
Identitas Program Layanan memuat:
1. Nama Satuan PAUD adalah nama satuan PAUD yang menyusun RPPM
2. Semester /bulan/minggu yang keberapa
3. Tema/Subtema/Sub-subtema diambil dari tema/subtema/sub-subtema yang disusun di program semester.
4. Kelompok usia anak diisi dengan kelompok sasaran program
Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema. Puncak tema merupakan kegiatan penyimpul bagi anakanak terkait dengan semua konsep, aktivitas yang dilakukan sepanjang tema berlangsung. Puncak tema dapat berupa kegiatan, antara lain,pameran hasil karya, kunjungan wisata, kegiatan bersama orangtua,panen bersama, pertunjukan sosiodrama, serta bazar makanan dan minuman hasil masakan anak dan orangtua. Sebagai contoh ketika mengambil tema “sepeda”, puncak tema dapat berupa kegiatan bersepeda gembira bersama keluarga. Ketika mengambil tema “kupukupu”,kegiatan puncak temanya menanam tanaman bunga di sekitar halaman sekolah,atau melepas kupu-kupu hasil pembiakan anak.
Kompetensi Dasar
1. KD yang ditetapkan dalam RPPM sesuai dengan KD yang sudah ditetapkan pada Program Semester atau jika dipandang penting dapat diubah sesuai dengan kondisi.
2. Komposisi KD yang diambil mewakili seluruh program pengembangan (nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni)
3. KD untuk subtema atau sub-subtema dapat diambil seluruhnya atau hanya sebagian dari KD yang ada di tema.
4. KD yang sudah dipilih dapat diulang kembali untuk digunakan di tema lainnya.
5. Penulisan KD dapat dituliskan dengan urutan angka atau dituliskan secara utuh.
6. Penempatan KD dapat masuk ke dalam kolom atau ditulis di atas setelah identitas program.
Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran diambil dari materi pembelajaran yang sudah dijabarkan di KTSP )
2. Banyaknya materi pembelajaran yang diambil disesuaikan dengan kemampuan belajar anak.
3. Materi pengembangan sikap dimasukkan ke dalam SOP dan menjadi pembiasaan yang diterapkan sehari-hari sepanjang tahun.
4. Materi pengembangan sikap yang telah dimasukkan ke dalam SOP terus diterapkan walaupun tidak lagi dicantumkan dalam RPPM.
5. Materi pembelajaran dikaitkan dengan tema/ subtema/ sub-subtema.
6. Materi pelajaran untuk satu tema/subtema/ sub-subtema akan diulang-ulang sesuai dengan alokasi waktu RPPM untuk penguatan kemampuan anak.
Rencana Kegiatan
1. Rencana kegiatan berisi beberapa rencana kegiatan yang dapat diikuti anak.
2. Rencana kegiatan harus menarik dan membolehkan anak-anak untuk memilih dari banyak kegiatan yang disiapkan guru.
3. Rencana kegiatan untuk 1 minggu harus bervariasi agar anak tidak bosan.
4. Jumlah kegiatan yang disediakan setiap harinya minimal 4 kegiatan berbeda untuk tetap menjaga minat belajar anak dan agar anak memiliki pengalaman belajar yang beragam.
5. Rencana kegiatan harus dapat mencerminkan pendekatan saintifik.
6. Rencana kegiatan memperhatikan model pembelajaran (area, sentra, sudut,kelompok dengan kegiatan pengaman) yang digunakan di setiap satuan PAUD.
7. Rencana kegiatan untuk satu minggu memberi pengalaman nyata anak dengan bermain balok, drama, alam, dll.
8. Materi pembelajaran diulang setiap harinya selama alokasi waktu yang ditetapkan di RPPM tetapi dengan kegiatan yang berbeda. Tujuannya agar anak dapat mencapai hasil belajar yang optimal dengan pengalaman belajar yang menarik sehingga tidak membosankan.
9. Rencana kegiatan disesuaikan dengan tema.
10. Untuk menunjukkan kebermaknaan pelaksanaan pembelajaran tematik,setiap akhir tema dikuatkan dengan kegiatan puncak tema.
11. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan,makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.
4.(RPPH) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian adalah unit perencanaan terkecil yang dibuat untuk digunakan dan memandu kegiatan dalam satu hari. RPPH disusun berdasarkan RPP Mingguan yang berisi kegiatan–kegiatan yang dipilih dari indikator yang direncanakan untuk satu hari sesuai dengan tema dan subtema.Penulisan RPPH disesuaikan dengan model atau pendekatan yang telah ditentukan atau dipilih serta disesuaikan dengan jenis kegiatan atau Metode/Strategi,pada saat pembuatan rencana kegiatan mingguan. RPPH memuat identitas lembaga,tema/sub tema,kelompok usia, alokasi waktu,kegiatan belajar(pembukaan, inti, penutup), indicator pencapaian perkembangan,media,dan sumber belajar.
Apa dan Bagaimana Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)?
Rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) merupakan acuan untuk mengelola kegiatan bermain dalam satu hari. RPPH disusun dan dilaksanakan oleh guru. Format RPPH tidak harus baku, tetapi memuat komponen-komponenyang ditetapkan.
Komponen RPPH terdiri atas:
(1) identitas program,
(2) materi,
(3) alat dan bahan,
(4) kegiatan pembukaan,
(5) kegiatan inti,
(6) kegiatan penutup, dan
(7) rencana penilaian.

Download Kumpulan PROTA PROSEM RPPM RPPH KB Usia 5-6 Tahun

Langsung saja agar mempersingkat waktu dapatkan format file mengenai Kumpulan PROTA PROSEM RPPM RPPH KB Usia 5-6 Tahun yang sudah kami siapkan link downloadnya dibawah ini secara gratis untuk ayah bunda yang membutuhkan bahan buat dijadikan referensi pembelajaran.

Prota Prosem RPPM RPPH TK Kelompok B (Usia 5-6 Tahun)

  1. Program tahunan tk kelompok b usia 5-6 tahun smt 1 dan 2, Lihat Disini
  2. Progam semester tk kelompok b 5-6 tahun semester 1 dan 2, Lihat Disini
  3. Rencana kegiatan mingguan tk b usia 5-6 tahun semester 1, Lihat Disini
  4. Rencana kegiatan mingguan tk b usia 5-6 tahun semester 2, Lihat Disini
  5. Program kegiatan harian tk kelompok b 5-6 tahun semester 1 minggu ke-1 s.d 8, Lihat Disini
  6. Program kegiatan harian tk kelompok b 5-6 tahun semester 1 minggu ke-9 s.d 17, Lihat Disini
  7. Program kegiatan harian tk kelompok b 5-6 tahun semester 2 minggu ke-1 s.d 8, Lihat Disini
  8. Program kegiatan harian tk kelompok b 5-6 tahun semester 2 minggu ke-9 s.d 17, Lihat Disini
  9. Untuk pemesanan atau informasi silahkan hubungi alamat kontak kami :
    CV.ASAKA PRIMA | DUTA MEDIA GROUP.
    PERCETAKAN & DISTRIBUTOR ALAT LAB & PERAGA PENDIDIKAN.
    Jl.Maulana Hasanudin No.52 Cipondoh - Kota Tangerang
    Cabang : Ruko Pondok Permata No.1, Jl. Raya Tanggul, Rajeg Mulya, Rajeg, Tangerang, Banten 15540
    021 5570 1397
    021 5570 2265
    0813.1019.7873
    WA.0812.1236.8589
    WA.0877.7432.4146
    0813.8053.7399
    www.asakaprima.net
    asakaprima@gmail.com
     

 

Share:

Contact Online

CV.ASAKA PRIMA | DUTA MEDIA GROUP.
PERCETAKAN & DISTRIBUTOR ALAT LAB & PERAGA PENDIDIKAN.
Jl.Maulana Hasanudin No.52 Cipondoh - Kota Tangerang
Cabang : Ruko Pondok Permata No.1, Jl. Raya Tanggul, Rajeg Mulya, Rajeg, Tangerang, Banten 15540
021 5570 1397
021 5570 2265
0813.1019.7873
WA.0812.1236.8589
WA.0877.7432.4146
0813.8053.7399
www.asakaprima.net
asakaprima@gmail.com

HitStats