Kumpulan PROTA PROSEM RPPM RPPH KB Usia 5-6 Tahun
kali ini kami akan membahas dan
membagikan format file mengenai Kumpulan PROTA PROSEM RPPM RPPH KB Usia
5-6 Tahun namun seperti biasa sebelum ayah bunda mendapatkan bahannya
alangkah baiknya ayah bunda simak sedikit penjelasan mengenai judul
diatas.
1.
(PROTA)
Program
Tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai
tujuan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah
ditetapkan.Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi
dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat tercapai oleh siswa Atau
dengan kata lain,Prota merupakan program umum tematik terpadu untuk
setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Program Tahunan tersebut
sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran muatan mata pelajaran
setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu
tahun. Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru
sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan
program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Setelah kita memahami arti dari Program Tahunan (Prota) ini, selanjutnya
kita masuk kepada bahasan tentang hal-hal/ komponen apa saja yang wajib
ada dalam hal penyusunan sebuah Prota ini.
Baiklah, dalam menyusun Program Tahunan (Prota), komponen minimal yang wajib dipenuhi adalah sebagai berikut;- Identitas (mata pelajaran, kelas, tahun pelajaran)
- Format isian ( tema, sub tema, dan alokasi waktu)
- Langkah Menyusun Prota
Pada item nomer 3 yakni Langkah Menyusun Prota, ada 4 hal yang harus dilalui/ dipenuhi yakni;
- Mengidentifikasi jumlah kompetensi dasar dan indikator dalam satu tahun
- Mengidentifikasi keluasan dan kedalaman kompetensi dasar dan indikator
- Melakukan pemetaan kompetensi dasar untuk setiap semester
- Menentukan alokasi waktu untuk masing-masing kompetensi dengan memperhatikan pekan efektif
Fungsi Program Tahunan (Prota) dalam kegiatan pendidikan/ pembelajaran:- Sebagai pedoman dalam menyusun Promes, program suatu pelajaran dan juga sebagai persiapan dalam mengajar agar lebih rapi dan terorganisir secara lebih matang.
- Sebagai pedoman dalam membuat Kaldik.
- Sebagai acuan dalam rangka optimalisasi, efisiensi dan efektivitas penggunaan waktu belajar efektif yang ada.
2.
(PROSEM)
program
semester adalah suatu perangkat pembelajaran semester untuk anak paud
yang diturunkan dari program tahunan dan digunakan untuk menyusun
rencana pembelajaran mingguan; Rencana program semester tk atau prosem
berisi daftar tema satu semester dan alokasi waktu setiap tema.
Penyusunan prosem dilakukan dengan langkah-Iangkah sebagai berikut:
Perencanaan program semester berisi daftar tema satu semester yang
dikembangkan menjadi subtema atau sub-subtema, serta kompetensi yang
ditetapkan untuk dicapai pada setiap tema, dan alokasi waktu setiap
tema.Langkah-Langkah Penyusunan Program Semester
Penyusunan program semester dilakukan dengan langkah berikut.
1. Membuat daftar tema satu semester.
Pemilihan dan penentuan tema dilakukan guru sebelum awal semester
kegiatan pembelajaran dimulai dengan memperhatikan prinsip pengembangan
tema.
2. Mengembangkan tema menjadi subtema dan atau sub-subtema.
Subtema dan sub-subtema yang dikembangkan merupakan topik-topik yang
lebih khusus dan lebih dalam. Kekhususan dan kedalaman subtema dan
sub-subtema memperhatikan usia anak, kesiapan guru, dan ketersediaan
sumber belajar pendukung. Pengembangan tema dapat dipelajari pada
Pedoman Pengembangan Tema.
3. Menentukan alokasi waktu untuk setiap tema, subtema dan atau sub-subtema.
Waktu pembahasan setiap tema/subtema/subsubtema disesuaikan dengan minat
anak, keluasan, kedalaman,dan sumber/media yang tersedia.
4. Menetapkan Kompetensi Dasar (KD) di setiap tema.
Penentuan KD memuat seluruh aspek perkembangan Nilai Agama dan
Moral(NAM), fisik-motorik, kognitif, sosial-emosional (sosem),bahasa,dan
seni.
5. KD dapat ditulis lengkap atau dapat dituliskan kodenya saja.
6. KD dapat diulang-ulang di tiap tema/subtema/sub-subtema yang berbeda.
7. Tema/subtema/sub-subtema yang sudah ditentukan di awal dapat berubah
bila ada kondisi tertentu dengan melibatkan anak tanpa harus mengubah KD
yang sudah ditetapkan.Dalam menentukan KD pada setiap tema mencakup
enam program pengembangan (nilai agama dan moral, motorik, kognitif,
sosial emosional, bahasa, dan seni).
Dalam menyusun perencanaan program semester,lembaga diberikan
keleluasaan dalam menentukan format.Untuk menentukan materi pembelajaran
yang akan digunakan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan
(RPPM), Satuan PAUD harus menyusun cakupan materi pembelajaran setiap KD
yang akan disampaikan kepada anak selama setahun melalui kegiatan
bermain.
Cara menyusun dan mengembangkan materi pembelajaran dapat dilihat di Pedoman Penyusunan KTSP.
3.(RPPM) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan merupakan
rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu.
Perencanaan kegiatan mingguan dapat berbentuk jaringan tema. Jaringan
tema berisi projek- projek yang akan dikembangkan menjadi
kegiatan-kegiatan pembelajaran.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. RPPM dijabarkan dari Program Semester. RPPM berisi:
identitas program layanan,
- KD yang dipilih,
- materi pembelajaran,dan
- rencana kegiatan.
Identitas Program Layanan memuat:
1. Nama Satuan PAUD adalah nama satuan PAUD yang menyusun RPPM
2. Semester /bulan/minggu yang keberapa
3. Tema/Subtema/Sub-subtema diambil dari tema/subtema/sub-subtema yang disusun di program semester.
4. Kelompok usia anak diisi dengan kelompok sasaran program
Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak
tema. Puncak tema merupakan kegiatan penyimpul bagi anakanak terkait
dengan semua konsep, aktivitas yang dilakukan sepanjang tema
berlangsung. Puncak tema dapat berupa kegiatan, antara lain,pameran
hasil karya, kunjungan wisata, kegiatan bersama orangtua,panen bersama,
pertunjukan sosiodrama, serta bazar makanan dan minuman hasil masakan
anak dan orangtua. Sebagai contoh ketika mengambil tema “sepeda”, puncak
tema dapat berupa kegiatan bersepeda gembira bersama keluarga. Ketika
mengambil tema “kupukupu”,kegiatan puncak temanya menanam tanaman bunga
di sekitar halaman sekolah,atau melepas kupu-kupu hasil pembiakan anak.Kompetensi Dasar
1. KD yang ditetapkan dalam RPPM sesuai dengan KD yang sudah ditetapkan pada Program Semester atau jika dipandang penting dapat diubah sesuai dengan kondisi.
2. Komposisi KD yang diambil mewakili seluruh program pengembangan
(nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa,
sosial-emosional, dan seni)
3. KD untuk subtema atau sub-subtema dapat diambil seluruhnya atau hanya sebagian dari KD yang ada di tema.
4. KD yang sudah dipilih dapat diulang kembali untuk digunakan di tema lainnya.
5. Penulisan KD dapat dituliskan dengan urutan angka atau dituliskan secara utuh.
6. Penempatan KD dapat masuk ke dalam kolom atau ditulis di atas setelah identitas program.
Materi Pembelajaran1. Materi pembelajaran diambil dari materi pembelajaran yang sudah dijabarkan di KTSP )
2. Banyaknya materi pembelajaran yang diambil disesuaikan dengan kemampuan belajar anak.
3. Materi pengembangan sikap dimasukkan ke dalam SOP dan menjadi pembiasaan yang diterapkan sehari-hari sepanjang tahun.
4. Materi pengembangan sikap yang telah dimasukkan ke dalam SOP terus diterapkan walaupun tidak lagi dicantumkan dalam RPPM.
5. Materi pembelajaran dikaitkan dengan tema/ subtema/ sub-subtema.
6. Materi pelajaran untuk satu tema/subtema/ sub-subtema akan
diulang-ulang sesuai dengan alokasi waktu RPPM untuk penguatan kemampuan
anak.
Rencana Kegiatan1. Rencana kegiatan berisi beberapa rencana kegiatan yang dapat diikuti anak.
2. Rencana kegiatan harus menarik dan membolehkan anak-anak untuk memilih dari banyak kegiatan yang disiapkan guru.
3. Rencana kegiatan untuk 1 minggu harus bervariasi agar anak tidak bosan.
4. Jumlah kegiatan yang disediakan setiap harinya minimal 4 kegiatan
berbeda untuk tetap menjaga minat belajar anak dan agar anak memiliki
pengalaman belajar yang beragam.
5. Rencana kegiatan harus dapat mencerminkan pendekatan saintifik.
6. Rencana kegiatan memperhatikan model pembelajaran (area, sentra,
sudut,kelompok dengan kegiatan pengaman) yang digunakan di setiap satuan
PAUD.
7. Rencana kegiatan untuk satu minggu memberi pengalaman nyata anak dengan bermain balok, drama, alam, dll.
8. Materi pembelajaran diulang setiap harinya selama alokasi waktu yang
ditetapkan di RPPM tetapi dengan kegiatan yang berbeda. Tujuannya agar
anak dapat mencapai hasil belajar yang optimal dengan pengalaman belajar
yang menarik sehingga tidak membosankan.
9. Rencana kegiatan disesuaikan dengan tema.
10. Untuk menunjukkan kebermaknaan pelaksanaan pembelajaran tematik,setiap akhir tema dikuatkan dengan kegiatan puncak tema.
11. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat
kue/makanan,makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen
tanaman, dan kunjungan.
4.(RPPH) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian adalah unit
perencanaan terkecil yang dibuat untuk digunakan dan memandu kegiatan
dalam satu hari. RPPH disusun berdasarkan RPP Mingguan yang berisi
kegiatan–kegiatan yang dipilih dari indikator yang direncanakan untuk
satu hari sesuai dengan tema dan subtema.Penulisan RPPH disesuaikan
dengan model atau pendekatan yang telah ditentukan atau dipilih serta
disesuaikan dengan jenis kegiatan atau Metode/Strategi,pada saat
pembuatan rencana kegiatan mingguan. RPPH memuat identitas
lembaga,tema/sub tema,kelompok usia, alokasi waktu,kegiatan
belajar(pembukaan, inti, penutup), indicator pencapaian
perkembangan,media,dan sumber belajar.Apa dan Bagaimana Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)?
Rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) merupakan acuan untuk mengelola kegiatan bermain dalam satu hari. RPPH disusun dan dilaksanakan oleh guru. Format RPPH tidak harus baku, tetapi memuat komponen-komponenyang ditetapkan.
Komponen RPPH terdiri atas:
(1) identitas program,
(2) materi,
(3) alat dan bahan,
(4) kegiatan pembukaan,
(5) kegiatan inti,
(6) kegiatan penutup, dan
(7) rencana penilaian.
Download Kumpulan PROTA PROSEM RPPM RPPH KB Usia 5-6 Tahun
Langsung saja agar mempersingkat waktu dapatkan format file mengenai
Kumpulan PROTA PROSEM RPPM RPPH KB Usia 5-6 Tahun yang sudah kami
siapkan link downloadnya dibawah ini secara gratis untuk ayah bunda yang
membutuhkan bahan buat dijadikan referensi pembelajaran.
Prota Prosem RPPM RPPH TK Kelompok B (Usia 5-6 Tahun)
- Program tahunan tk kelompok b usia 5-6 tahun smt 1 dan 2, Lihat Disini
- Progam semester tk kelompok b 5-6 tahun semester 1 dan 2, Lihat Disini
- Rencana kegiatan mingguan tk b usia 5-6 tahun semester 1, Lihat Disini
- Rencana kegiatan mingguan tk b usia 5-6 tahun semester 2, Lihat Disini
- Program kegiatan harian tk kelompok b 5-6 tahun semester 1 minggu ke-1 s.d 8, Lihat Disini
- Program kegiatan harian tk kelompok b 5-6 tahun semester 1 minggu ke-9 s.d 17, Lihat Disini
- Program kegiatan harian tk kelompok b 5-6 tahun semester 2 minggu ke-1 s.d 8, Lihat Disini
- Program kegiatan harian tk kelompok b 5-6 tahun semester 2 minggu ke-9 s.d 17, Lihat Disini
-
Untuk pemesanan atau informasi silahkan hubungi alamat kontak kami :CV.ASAKA PRIMA | DUTA MEDIA GROUP.
PERCETAKAN & DISTRIBUTOR ALAT LAB & PERAGA PENDIDIKAN.
Jl.Maulana Hasanudin No.52 Cipondoh - Kota TangerangCabang : Ruko Pondok Permata No.1, Jl. Raya Tanggul, Rajeg Mulya, Rajeg, Tangerang, Banten 15540
021 5570 1397
021 5570 2265
0813.1019.7873
WA.0812.1236.8589
WA.0877.7432.4146
0813.8053.7399
www.asakaprima.net
asakaprima@gmail.com